Image of PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Text

PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA



ABSTRAK

Madrasyah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama As-Salam SMP (As-Salam) merupakan suatu lembaga pendidikan yang menyiapkan siswanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Diperlukan suatu kedisiplinan serta kondisi pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi kreativitas siswa untuk disiapkan menjadi warga negara, generasi penerus bangsa yang memiliki daya saing. Oleh karena itu diperlukan suatu kemampuan professional dan kreativitas guru sebagai pendidik dalam pembinaan di lingkungan sekolah khususnya dan di dalam kelas dalam proses belajar mengajar. Karena dari guru-guru kreatif memiliki kapasitas untuk mencari dan menemukan informasi, akan menghasilkan siswa yang kreatif pula. Peran kepala sekolah sebagai motivator, supervisor, dan fasilitator, sangat menunjang dalam mengembangkan kemampuan professional guru, dalam meningkatkan layanan disiplin belajar dan pembelajaran, untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini mengungkapkan tentang pembinaan guru pendidikan agama dalam meningkatkan disiplin belajar siswa sebagai upaya untuk meningkatkan mutu belajar siswa, yang direfleksikan dengan mengembangkan dan meningkatkan kemampuan prefesional Guru. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran, bagaimana pembinaan yang dilakukan guru agama dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di MTs dan SMP Kota Bandung, Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, mengingat objek yang diteliti terdiri atas satu kesatuan unit yang dipandang kasus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan sample purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah, guru pendidikan agama sebagai pembimbing, pelatih, motivator, pasilitator, supervisor dalam mengimplementasikan kurikulum, melalui peningkatan kreativitas guru dalam kegiatan belajar mengajar, mempunyai kontribusi yang berdampak pada mutu belajar siswa. Dapat dicermati secara realistis implementasi pembinaan guru pendidikan agama terhadap siswa dalam meningkatkan disiplin belajar di Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung, menunjukkan adanya perbaikan dalam layanan pembelajaran melalui perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, perbaikan dalam kuantitas calon peserta didik. Peningkatan kesejahteraan, diharapkan akan berdampak kepada peningkatan mutu lulusan dan diterimanya out put dan out come. Implementasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin belajar, diperlukan pembinaan yang optimal terhadap professional guru, secara terprogram dan terpadu oleh kepala dinas pendidikan, pengawas, kepala sekolah, komite sekolah dan organisasi profesi. Berkaitan dengan kesimpulan penelitian ini penulis merekomendasikan kajian terhadap petunjuk teknik, kelompok guru rumpun mata pelajaran secara cermat dan intensif agar menghasilkan tenaga profesional guru yang dapat mengoptimalakan pelayanan pembelajaran kepada peserta didik.
Keywords : Pembinaan, Guru Pendidikan Agama, Disiplin Belajar


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
1
No. Panggil
081322815567
Penerbit : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TESIS
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2015
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Tesis Pasca Sarjana Pendidikan Agama Islam
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this